Selasa, 09 April 2013

sistem pendidikan di indonesia sangat memprihatinkan





sistem pendidikan adalah salah satu cara untuk meningkatkan kualitas pelajar dalam menyerap pelajaran di sekolah.indonesia adalah negara yang sering mengganti ganti sistem pendidikan ,bahkan tahun ini pun indonesia akan mulai menerapkan sistem pendidikan yang baru.entah apa namanya.
Tapi kualitas pelajar dalam menyerap pelajaran tidak ditentukan oleh sistem pendidikan yang pemerintah terapkan melainkan kita harus kembali mengevaluasi bagaimana minat para siswa dalam mempelajari pelajaran di sekolah dan juga minat para guru untuk benar-benar menghasilkan produk atau siswa yang berkualitas .kalau boleh saya menyarankan pemerintah lebih baik memberikan program penjurusan atau kejuruan sejak smp atau sekolah menengah pertama .kenapa !
1. karena sejak smp inilah pelajaran mulai berkembang ipa ada beberapa biji ,ips beberapa biji ,seni ada beberapa biji dan seterusnya dan seterusnya .ini semua sangat tidak bagus bagi kesehatan otak .
2.karena terlalu banyaknya mata pelajaran yang dipelajari para murid menjadi stres dan tidak punya minat untuk belajar .bahkan para murid lebih tertarik bermain game ,tawuran ,bolos ,klabing ,dan hal2 yang negative lainnya. satu pelajaran saja sulit di pelajari apalagi hingga belasan bahkan puluhan pelajaran .
3.dengan sistem pendidikan yang banyak mata pelajaran seperti sekarang ini juga mempengaruhi mental para guru .karena sulitnya mengajari para murid yang stres dan bodoh .sehingga banyak para guru yang memberikan pelajaran seadanya.memberi nilai seadanya.dan lebih banyak menyuruh murid menulis daripada mendengarkan penjelasan gurunya.
Dan yang lebih parahnya adalah guru jarang masuk ruang kelas .padahal gaji guru sekarang kan dah ngalahin kariawan pabrik, gak kayak tahun 90an masih sedikit.sayang banget yah udah jam kerjanya sedikit jarang masuk kelas gaji tetep gede.
Coba karyawan pabrik sekarang, udah jam kerjanya panjang ,di maki2 ,gajihnya sedikit ,gak di kasih makan ,makan ati yah jadi kariawan jaman sekarang mah.
nah makanya ane mau ngasih solusi nih sekarang buat pemerintah.
1.buat penjurusan mata pelajaran mulai smp
Contoh:
jurusan 1.mata pelajarannya terdiri dari matematika,indonesia ,ingris,mulok dan otomotip.
Jurusan 2.mata pelajarannya terdiri dari
Matematika ,indonesia ,ingris,mulok dan biologi
jurusan 3.mata pelajarannya terdiri dari
Matematika ,indonesia,inggris ,mulok dan sejarah
Jurusan 4.mata pelajarannya terdiri dari
Matematika,indonesia ,inggris,mulok dan design grafis.
Jurusan 5.jurusan 6 .jurusan 7 dan seterusnya.
Tergantung kebijakan sekolah mau mebuat berapa jurusan disekolah nya masing2.
Ane ngusulin seperti kenapa!
1.pelajaran yang dipelajari murid lebih sedikit sehingga lebih membuat para murid konsentrasi pada jurusan nya masing.
2.dengan adanya penjurusan pelajaran sejak usia smp ini akan membuat para murid lebih tertarik pada pelajaran masing2.karena para murid akan lebih banyak melakukan praktek ,daripada teori.
3.dengan adanya penjurusan ini akan melahirkan para murid yang mempunyai keterampilan sehingga bisa memberikan peluang lapangan kerja untuk individu masing2.
4.dengan adanya penjurusan seperti ini akan memperjelas paandangan para siswa tentang apa yang akan mereka lakukan setelah lulus sekolah nanti.contohnya apakah para murid ini akan kuliah dijurusan yang sama ataukah bekerja di bidangnya masing2.sesuai dengan sertifikat kejurusannya.
5.diharapkan dengan adanya penjurusanya seperti ini para murid bisa mendapatkan gelar s1 di usia 18 tahun,sesuai dengan jurusannya masing2.jadi nanti setelah smp gakperlu ada sma tapi kuliah saja dengan jurusan nya masing2.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar