Selasa, 19 April 2011

cara mengendarai mobil/how to drive car



\

KURSUS STIR MOBIL

Pada tahun 2005 bulan Oktober tanggal 26 saya selesai kursus stir mobil di "Dirgantara Jaya"
saya mengambil private 10 x pertemuan @ 1 jam = Rp. Rp. 500.000,-
Setiap kursus harus kasih tip ke guru stirnya Rp. 5000/jam
Bikin SIM Rp. 350.000 pada tanggal 29 Oktober 2005
<!-- Begin: http://adsensecamp.com/ --> <script src="http://adsensecamp.com/show/?id=FGgKVyr2CUU%3D&cid=1mKE6FR8OXo%3D&chan=W3tkLOULHIs%3D&type=4&title=3D81EE&text=000000&background=FFFFFF&border=000000&url=2BA94F" type="text/javascript"> </script> <!-- End: http://adsensecamp.com/ -->
Jenis Latihan
1 - Penjelasan instruktur mengenai pokok2 yang harus diketahui oleh seorang pengemudi
- Perkenalan instrumen mobil dan cara penggunaanya
2 Penguasaan Teknik Kendaraan
a) Start
b) Oper gigi
c) Berhenti
d) Belok kiri / kanan
3 Memberhentikan mobil secara mendadak atas perintah instruktur tanpa ada kekeliruan / mesin mati
4 menghadapi problem lalu lintas:
a) Berjalan dengan sempurna di jalan raya, cara2 berbelok ke kanan / ke kiri dengan cara melewati persimpanga
b) Tetap berjalan di belakang kendaraan yang sedang berjalan lambat
c) Mengejar dan melewati kendaraan lain dengan cara yang benar
d) Waktu Latihan di jalan umum harus mentaati dan memperhatikan segala peraturan lalu lintas
5 Latihan ketrampilan ( di lakukan di lapangan)
a) Jalan mundur lurus sejauh 50 meter
b) Memutar kendaraan di tempat yang terbatas (diantara 2 bh mobil)
6 Latihan Ujian
a) Parkir kiri kanan
b) Mundur lurus 50 meter
c) Parkir paralel
d) Tanjakan, maju/mundur



Urutan pedal : Kopling (selalu kaki kiri yang menginjaknya), Rem dan Gas (pakai kaki kanan secara bergantian)
Menghidupkan mobil dalam keadaan kopling di gigi nol
1) Pasang tali / sabuk pengaman
2) Putar kunci untuk menghidupkan mesin
3) Hidupkan AC
4) Turunkan Rem Tangan
5) Injak kopling habis, pindahkan gigi ke gigi 1
6) Angkat kopling pelan2
7) sambil Injak gas sedikit demi sedikit sampai terasa mobil bergerak
Memundurkan mobil ------>>>
1) Injak kopling habis, pindahkan gigi ke gigi R
2) Angkat kopling pelan2
Rasakan sampai mobil terasa bergerak mundur
Atur bergerak mundurnya mobil dengan cara menginjak dan mengangkat kopling sekuku sampai dengan � kopling (jangan lebih dan jangan mengangkat terlalu cepat agar mesin tidak mati)
Ganti gigi pada saat mobil berjalan (kaki kanan masih menginjak gas)
1) Injak kopling habis
2) Angkat gas
3) Pindahkan gigi ke posisi yang dikendaki
4) Angkat kopling pelan2
5) Injak gas pelan2, sampai terasa jalannya mobil stabil sesuai dengan kecepatan seharusnya
6) Lepaskan kaki dari kopling, atur jalannya mobil hanya dengan menginjak dan mengkat gas saja
Jika melalui polisi tidur
1) Angkat gas, tempel pedal rem
2) Injak kopling habis, pindahkan ke gigi 1
3) Angkat kopling pelan2, mobil dijalankan hanya dengan mengangkat kopling sekuku sampai � kopling
atau kopling tak usah diinjak, biarkan saja mobil bergerak memakai lumpsum nya
4) jika dirasa polisi tidur terlalu tinggi, Injak gas sedikit sampai dirasa mobil bisa melewati polisi tidur
5) Setelah dapat melewati polisi tidur injak gas pelan2
Menambah/mengurangi gigi
1) Injak kopling habis
2) Angkat gas
3) Pindahkan gigi ke gigi yang dikehendaki
3) Tempel gas
4) Angkat kaki dari kopling pelan2
Menghentikan mobil tiba2 dalam keadaan mobil sedang berjalan cepat
1) Injak rem pelan2 sampai terasa mobil berhenti
2) Injak kopling habis
3) Pindahkan gigi ke gigi 0
4) Angkat rem tangan
Menghadapi macet di lampu merah menggunakan rem
1) Injak kopling habis
2) Tempelkan kaki di rem (mainkan sesuai keadaan jalan)
3) Pindahkan gigi ke gigi 1
3) Angkat kopling sedikit demi sedikit untuk menjalankan mobil merayap
atau injak saja kopling habis biarkan mobil berjalan menggunakan lumpsump nya
Menghadapi macet di lampu merah tanpa menggunakan rem, atau ketika hendak keluar dari gang ke jalan raya
1) Injak kopling habis
2) Tempelkan kaki di rem
3) Pindahkan gigi ke gigi 1
3) Angkat kopling sedikit demi sedikit untuk menjalankan mobil merayap
4) atau injak saja kopling habis biarkan mobil berjalan menggunakan lumpsump nya
5) Tempel kaki di gas
Berhentikan mobil: Angkat kopling sekuku dan injak rem sedikit (tempel rem)
Jalankan mobil merayap: Angkat kopling sekuku
Dengan posisi ini mobil akan berjalan merayap
Belok balik (berputar balik 180o) ke kanan П
1) Jika mobil melaju terlalu cepat, tempel gas
2) Injak kopling habis
3) Angkat gas
3) Pindahkan gigi ke gigi 1
4) Angkat kopling sedikit demi sedikit untuk menjalankan mobil merayap (=bergerak perlahan), dan injak kopling sekuku kalau ingin mengurangi jalan merayapnya mobil, lihat jalur apakah bebas jika ada mobil yang ingin lewat maka injak lagi kopling sekuku sambil menempel rem atau menempel gas (sebaiknya dipilih memberhentikan mobil dengan menempel gas agar jika mau jalan lagi tinggal lepaskan gas dan angkat kopling saja sekuku). Jika jalur sudah bebas hambatan, angkat kopling sekuku (mobil merayap maju)
5) Putar stir 2 x ke kanan (putar stir habis) (ingat jangan memutar stir dalam keadaan mobil diam/berhenti, bisa merusak komponen mobilnya nanti) (lihat jalur apakah bebas atau tidak)
- Jika jalur aman, jalankan/belokkan mobil dengan mengangkat kopling sekuku (mobil akan maju merayap),
kurangi laju jalannya mobil dengan menginjak kopling sekuku
- Jika jalur sibuk berhentikan mobil dengan kombinasi mengangkat kopling sekuku dengan menempel rem
(biasanya jika kopling diangkat sekuku akan terasa mobil bergetar sedikit)
- Jika jalur sudah bebas kembali ankat kopling sekukumkembali (mobil akan merayap maju kembali)
6) Setelah mobil berhasil belok dan dirasa sudah lurus, segera putar balik stir 2x ke kiri sambil mobil maju merayap
- Jika mobil sudah lurus, tempel gas (sesuaikan dengan kondisi lalu lintas), angkat kopling perlahan, jika sudah sesuai dengan kondisi jalan yang dihadapi lepaskan kaki dari pedal kopling biarkan jalannya mobil hanya diatur oleh gas
(gunakan gigi 1, 2, dan 3 saja jika berada di dalam kota)
Menghidupkan mobil yang mati mesin tiba2
1) Jangan panik !
2) Injak kopling habis
3) Angkat kopling perlahan2, rasakan sampai mobil bergerak maju perlahan
- Jika jalan menanjak, bantu tenaga mobil dengan menginjak gas sedikit
- Jika mobil sedah bergerak stabil, angkat kaki dari kopling, jalankan mobil hanya dengan gas saja
Macet di jalan tanjakan
1) Gigi dalam posisi gigi 1 (sebaiknya selalu gunakan gigi 1 kalau jalanan macet)
2) Injak kopling habis
3) Angkat kopling perlahan2, rasakan sampai mobil bergerak maju perlahan
Jika jalan menanjak, bantu tenaga mobil dengan menginjak gas sedikit
Jika mobil didepan berhenti di tanjakan , injak kopling habis, injak rem
Jika mobil di depan mulai bergerak sedikit di jalan tanjakan , angkat kopling perlahan sampai � kopling (rasakan sampai mobil bergetar)(agar mobil tidak mundur ketika melapas rem), baru lepaskan rem, tempel gas
Jika mobil di depan berhenti lama, injak rem, injak kopling, pindahkan gigi ke gigi 0, angkat rem tangan, angkat kaki dari kopling. Jika mobil di depan mulai bergerak maju, injak habis kopling, tekan rem tangan, injak pedal rem, masukkan gigi ke gigi 1, angkat kopling sekuku sampai mobil terasa bergetar sedikit (agar mobil tidak mundur), tempel gas
Tanjakan tanpa menggunakan rem
1) Gigi dalam posisi gigi 1
2) Injak kopling
3) Angkat kopling sekuku (mobil akan bergerak maju perlahan, MOBIL BERJALAN)
4) Injak kopling sekuku diimbangi dengan menginjak/menempel gas sedikit (mobil akan berhent, MOBIL BERHENTIi)
5) Angkat kopling sekuku (mobil akan merayap maju kembali, MOBIL BERJALAN)
Untuk berjalan atau dan berhenti dalam posisi ini hanya menggunakan kombinasi injak dan angkat koling sekuku
Tiba2 ada orang menyeberang
1) Angkat gas
2) Injak rem
3) Injak kopling habis
Macet di jalan rata
1) Gigi dalam posisi gigi 1
2) Injak kopling habis
3) Angkat kopling perlahan2, rasakan sampai mobil bergerak maju perlahan
Jika mobil di depan berhenti tiba2, injak rem perlahan atau angkat kopling sekuku sambil injak gas sedikit
Kombinasi kopling dangan gas ketika mobil didepan berhenti tiba2 lebih baik digunakan sehingga kalau mobil di depan maju tinggal angkat kopling sambil tempel gas. Jadi maju dan berhentinya mobil hanya menggunakan kombinasi kopling dan gas !
Jika mobil di depan mulai bergerak maju sedikit, injak kopling habis, lalu angkat kopling sekuku rasakan mobil mulai maju merayap
Jika mobil di depan mulai berhenti perlahan, angkat kopling sekuku, injak gas (rasakan sampai terasa mobil berhenti perlahan)
Jika mobil di depan berhenti lama, injak rem, injak kopling, pindahkan gigi ke gigi 0, angkat rem tangan, angkat kaki dari kopling. Jika mobil di depan mulai bergerak maju, injak habis kopling, tekan rem tangan, masukkan gigi ke gigi 1, angkat kopling sampai terasa mobil maju jika perlu boleh tambahkan dengan menginjak gas
Macet di jalan turunan
1) Gigi dalam posisi gigi 0
2) Mainkan rem saja tak perlu gas karena mobil akan berjalan dengan sendirinya tanpa di gas
Mobil sedang melaju cepat tiba2 mobil didepan jalan merayap
1) Injak rem perlahan
2) Injak kopling habis, pindahkan ke gigi 1
3) Angkat kopling sekuku biarkan mobil maju merayap
4) jika mobil di depannya berhenti tinggal menginjak kopling lalu angkat sedikit kombinasikan dengan menginjak gas sampai mobil terasa berhenti perlahan, atau injak kopling dan tempel rem
Menghentikan mobil tiba2 dalam keadaan mobil sedang berjalan pelan
1) Injak kopling habis
2) Tempelkan kaki di rem, rasakan sampai mobil terasa berhenti secara perlahan2 (jangan menginjak rem terlalu cepat)
3) Pindahkan gigi ke gigi 0
3) Angkat rem tangan
Parkir di depan tempat kursus di Bojongsari yang ada disebelah kiri jalan dari arah Parung
1) Injak kopling habis
2) Lepaskan gas
3) Pindahkan gigi ke gigi 1
4) Putar habis stir ke kiri (putar 2 x )
5) Angkat kopling sekuku (mobil bergerak maju perlahan)
6) Atur mobil hingga parkir dengan ban lurus ke depan, gunanya agar power stering tidak cepat aus/rusak
Memutar mobil 180o di depan tempat kursus Mobil (putar melawan arah jam, nanti mulut mobil di kiri dan pantat mobil di kanan)
Mobil nanti terparkir dengan depan mobil mengarah ke jalan raya
1) Injak kopling habis
2) Putar stir habis ke kanan
3) Pindahkan gigi ke gigi R
4) Angkat kopling sekuku (mobil bergerak mundur perlahan dengan buntut mobil ke kanan)
5) Jika posisi sudah lumayan lurus, injak kopling sekuku (untuk memberhentikan laju mobil) kemudian lihat dari kaca spion ruangan di belakang mobil apakah ada jarak atau tidak antara pantat mobil dengan tempat smpah dibelakangnya)
6) Jika posisi aman, artinya ada jarak antara pantat mobil dengan tempat sampah itu, maka angkat kopling sekuku (mobil merayap mundur kembali)
7) Setelah mobil lurus dan cukup buat memutar mobil kembali, injak habis kopling, pindahkan gigi ke gigi 1
8) Putar habis stir ke kiri ( 2 x putaran)
9) Angkat kopling sekuku (mobil mulai bergerak maju merayap lagi)
10) Jika masih belum dapat, injak lagi rem
11) injak kopling, pindahkan gigi ke R
12) Angkat kopling sekuku (mobil merayap mundur)
13) Karena ada tangga 1 tingkat dan kita akan meletakkan buntut mobil diatas tangga tersebut, injak gas agak banyak
14) Setelah mobil dapat melewati tangga, injak kopling habis
15) injak rem
16) Luruskan stir agar posisi ban atau posis parkir menjadi lurus
Parkir mundur di garasi bagain kiri jalan
1) Posisi belakang mobil sedikit sebelum tonggak pagar
2) Injak kopling habis, pindahkan gigi ke R
3) Mundurkan mobil hanya dengan menggerakkan kopling sedikit,caranya: injak kopling habis, angkat kopling sekuku, tahan biarkan mobil merayap, injak lagi sekuku, tahan
4) Putar stir mobil 2 x ke kiri (putar habis)
5) Mobil luruskan (ban luruskan) dengan cara putar balik stir 2 x putaran ke kanan
6) Mundurkan lagi mobil sedikit agar mobil menjadi lurus
Berhentikan mobil ketika mundur
1) Angkat gas
2) Injak rem perlahan2
3) Injak kopling habis
Melambatkan jalannya mobil ketika mundur (Mobil berjalan merayap)
1) Posisi gigi di R, angkat gas, tempel rem
2) Injak kopling, angkat/lepas rem
3) Angkat kopling sekuku
Perhatikan ! Jika sudah dapat berhenti dengan � kopling + tempel gas, maka jika gas ditambah sebesar apapun mobil tak akan bergerak
Parkir maju
1) Lewati mobil � badannya
2) Belokin stir
3) Jalankan mobil pelan2 kopling diangkat pelan2 sekuku
Mundur/parkir ke kanan
1) Putar stir habis ke kanan
2) Mundur merayap
3) Putar balik stir
4) Mundur lurus
Parkir mundur ke kanan ---->>> ∆
1) Injak kopling habis
2) Pindahkan gigi ke R
3) Tempel rem
4) Mundur lurus
5) Jalankan mundur perlahan dengan pola: jalan mundur pelan - berhenti - jalan - berhenti -jalan dengan cara: Injak kopling sekuku, tahan, lalu angkat lagi kopling sekuku, tahan
6) Mata lihat ke kaca spion
7) Perhatikan: Mundur mobil harus diusahakan lurus segaris dengan trotoar
Jika pantat mobil sudah sampai di ujung jalan atau kurang sedikit dari ujung jalan tempat parkir maka Injak kopling
8) Putar stir habis kekanan 2 x putaran
9) Angkat kopling sekuku
10) Jika jalan menanjak bantu tenaga mobil dengan menginjak gas
11) Jika kira2 mobil sudah masuk, luruskan mobil dengan cara injak kopling
12) Putar balik stir 2 x ke kiri
13) Angkat kopling sekuku agar mobil bisa masuk pas ke dalam tempat parkir
Jika ingin parkir tepat di pinggir maka mobil dibelokkan kurang sedikit pantat mobil dari ujung jalan (lebihkurang sebesar 1 x badan manusia)
Jika ingin parkir agak ke tengah (jika tempat parkir agak besar) maka start mobil di belokkan pas di ujung jalan belokan itu
14) Injak kopling
15) Tempel rem
16) Pindahkan gigi ke gigi 0
17) Angkat rem tangan
18) Lepaskan kaki dari kopling dan pedal rem
19) Matikan AC, copot sealt belt, matikan mesin mobil, ambil kunci dan simpan, gembog stir mobil, buka pintu
Jika kita salah perhitungan ketika membelokkan mundur mobil, maka
1) Injak kopling
2) Pindahkan gigi ke gigi 1
3) Majukan mobil sedikit, jika kira2 sudah lurus (kontrol dengan cara mengatur ban mobil agr lurus dengan cara putar balik stir)
4) Mundurkan mobil dengan cara Injak kopling, pindahkan ke gigi R, angkat kopling sekuku tahan, angkat lagi sekuku tahan, injak sekukuku taha, begitu seterusnya sampai posisi mobil benar2 masuk
Jangan lupa melihat kondisi jalur jalan sebelah kanan dan kiri serta belakang melalui kaca spion
Perhatian :
1) Stir tidak boleh diputar dalam keadaan mobil diam karena bisa merusak ban dan poros ban
2) Kalau jalan menanjak dan jalanan macet agak lama di tanjakan maka pakailah rem tangan jangan selalu mengandalkan kopling sebab kalau tidak dapat merusak mekanik kopling
3) Rem kaki tidak boleh diteka terus tapi harus dengan pola angkat, injak, angkat, injak (misalnya ketika turunan) sebab dapat menyebabkan rem terbakar
4) Pakailah selalu gigi 1 jika melalui jalan yang berlubang2
5) Untuk perjalanan dalam kota yang ramai dianjurkan untuk selalu menggunakan gigi 1 dan 2 saja
6) Kuasai emosi ketika berjalan lambat setelah berjalan cepat
7) Gigi 1, 2, 3 untuk jalan lambat dan tanjakan
8) Gigi 4,5 tak kuat jika digunakan untuk jalan tanjakan
9) Untuk menghindari mesin mati tiba2 maka angkatlah kopling pelan2 jangan menyentak dan sekaligus
10) � kopling berguna untuk jalan menanjak, macet, belok, start awal berjalan, mundur, belok/memutar mobil, dan parkir
11) Gigi 3 untuk jalan raya besar
12) Gigi 2 untuk jalan raya kecil/sempit
TIPS :
1) Bagian mobil yang tidak boleh kena air ketika mencuci mohbil: tempat busi, dan tempat injection
2) Mesin hendaknya dibersihkan dengan minyak tanah jangan dengan air, karena mesin cepat karatan jika kena air
3) Jika mengganti oli minta dibersihkan juga: busi, saringan udara minta disemprot sebab saingan udara yang kotor berpengaruh terhadap pemakaian bahan bakar
4) Sampai jalan 50.000 km mobil baru masih aman karena service masih ditanggung dealer
5) Jika stir ngebuang maka harus di balanching dan di spooring
6) Seminggu sekali sebaiknya ganti air aki
7) Tun up jangan terlalu sering
8) Saringan bensin dibersihkan dengan ditiup agar tidak cepat kotor
9) Bensin jangan dibiarkan sampai habis karena kotoran bisa naik
10) Mencuci mobil jangan memakai rinso tapi pakailah shampoo mobil
11) Setelah jalan 75.000 km biasanya ban harus diganti
12) Jangan terlalu banyak main setengah kopling jika lampu merah pakai rem tangan saja karena dapat membuat mesin panas !
Sebab bisa membuat kanvas kopling tipis sehingga mobil akan terasa kurang tenaga meskipun sebenarnya mesin baik2 saja.
Output mesin akan terbuang sia2 karena salah satu penyalurnya tidak berfungsi dengan baik.
Jika penipisan pada kanvas kopling sudah amat parah maka mobil tidak bisa melaju sama sekali.
Fungsi kopling adalah meneruskan tenaga dari mesin ke persneling (tansmisi)
Menginjak kopling setengah memang perlu sebagai penyeimbang agar mesin mobil tidak mati saat di-rem atau waktu pertama kali kendaraan melaju. Cuma, seharusnya jangan terlalu lama dan jangan terlalu sering. Satu lagi, begitu selesai perpindahan gigi, langsung lepas pedal kopling.
Yang sulit dihindari adalah saat jalanan macet. Kebanyakan pengendara lebih memilih menginjak pedal kopling setengah ketimbang cara lain. Salah satu cara yang kami sarankan adalah melaju perlahan dengan gigi satu. Andai pun terpaksa harus berhenti karena antrian mobil, lebih baik posisikan netral sekaligus dan injak rem. Sehingga, pedal kopling bisa dibebaskan.
Ketika kopling diinjak, kaitan antara mesin dan persneling akan terputus sehingga praktis output mesin tidak sampai ke penggerak roda. Digeber-geber pun laju kendaraan tidak akan berubah. Laju roda akan terpengaruh begitu kopling dilepas. Sebab, pada saat pedal kopling dilepas, plat penekan (matahari) akan menekan kanvas sehingga power dari mesin (melalui fly wheel) dapat bergerak menuju persneling.
Pada saat kopling ditekan setengah, maka tenaga dari mesin melalui fly wheel yang diteruskan ke persneling pun hanya setengah. Posisi kanvas juga setengah menghubungkan. Posisi inilah yang membuat terjadinya gesekan antara kanvas kopling - fly wheel - matahari. Gesekan-gesekan ini yang akan mempercepat tipisnya kanvas kopling
13) Biasakan menggunakan oli merk PRIMA (beli di pertamina)
14) Mobil di tempat kursus biasa pakai oli merk ADNOC (warna hijau) karena mobilnya dipakai terus menerus
15) Panaskan mobil tiap hari selama 10 menit
16) Merk cat mobil dihapalin, minta contoh cat ke dealer atau minta secukupnya
17) Bila mobil garet sedikit, hilangkan dengan autan pada tempat yang kena lalu cuci pakai shampoo
18) Jika mengelap kaca harus sampai kering
19) Saringan udara dan busi original bekas simpan saja jangan dibuang
20) Pakailah lap mobil merk CANEBO, lap ini full terbuat dari karet, jiak ditarik akan terasa melar
21) Harga kunci stir kira2 Rp. 50.000,-

COURSE steering wheel

In 2005 October the 26th I finished the course the steering wheel in the "Aerospace Jaya"
I took a private 10 x sessions @ 1 hour = Rp. Rp. 500.000, -
Each course should you tip to a teacher stirnya USD. 5000/jam
Make SIM USD. 350 000 on October 29, 2005

Types of Exercises
1 - Explanation instructor about pokok2 that should be known by a driver
- Introduction of the car and how to use instruments
2 Mastery of Vehicle Engineering
a) Start
b) Oper teeth
c) Stop
d) Turn left / right
3 To dismiss the car abruptly on the orders of an instructor without any errors / dead engine
4 deal with traffic problems:
a) Runs perfectly on the highway, cara2 turn right / left by way of passing persimpanga
b) Keep walking behind the vehicle is running slow
c) Pursue and passing another vehicle the right way
d) Time Exercise on public roads must comply and pay attention to all traffic regulations
5 Exercises skills (done in the field)
a) The road straight back as far as 50 meters
b) Play a vehicle in a limited (between 2 pcs car)
6 Practice Exam
a) Parking right left
b) Backward straight 50 meters
c) Parallel Parking
d) Rise, forward / backward



The order of the pedals: Clutch (always the left foot stepped on), Brake and Gas (use your right foot alternately)
Turning on the car in gear clutch in a state of zero
1) Connect the strap / belt
2) Turn the key to start the engine
3) Turn on the AC
4) Lower the Hand Brakes
5) Hit the clutch down, move the gear into 1st gear
6) Lift the clutch pelan2
7) Hit the gas while little by little until you feel the car moving
Backed ------>>>
1) Hit the clutch down, move the gear to gear R
2) Lift the clutch pelan2
Feel until the car was moving backward
Set the moving car by stepping pullback and lift the clutch until the clutch sekuku (do more and do not lift too fast for the machine is not dead)
Replace gear when the car is running (right foot is still stepping on the gas)
1) Hit the clutch out
2) Raise gas
3) Move the gear into position dikendaki
4) Lift the clutch pelan2
5) Hit the gas pelan2, until you feel the way the car is stable according to the speed should
6) Remove the foot from the clutch, set the course of a car just by stepping on the gas and just mengkat
If the police slept
1) Raise gas, outboard brake pedal
2) Hit the clutch out, move into 1st gear
3) Lift pelan2 clutch, the car is run only by lifting the clutch until the clutch sekuku
or clutch not have stepped on, let alone moving car wearing his lumpsum
4) if deemed too high humps, Hit the gas feels a little to get past the police car bed
5) After passing the police to trample sleeping gas pelan2
Increase / decrease tooth
1) Hit the clutch out
2) Raise gas
3) Move the gear teeth to a desired
3) Paste gas
4) Lift the foot of the clutch pelan2
Stopping the car in a state tiba2 car is running fast
1) Hit the brakes until you feel the car stop pelan2
2) Hit the clutch out
3) Move the gear to gear 0
4) Lift the handbrake
Facing stalled at a red light braking
1) Hit the clutch out
2) Place feet on the brake (played as a state road)
3) Move the gear into 1st gear
3) Remove the clutch a bit by bit to run the car crept
or trampled just let the clutch out the car running using his lumpsump
Facing stalled at a red light without using the brakes, or when going out of the alleyway to the road
1) Hit the clutch out
2) Place feet on the brakes
3) Move the gear into 1st gear
3) Remove the clutch a bit by bit to run the car crept
4) or just stepped on the clutch out the car let it run using lumpsump
5) Paste the foot on the gas
Stopped the car: Lift clutch and stepped on the brakes a little sekuku (outboard brakes)
Run the car crept: Lift the clutch sekuku
With this position the car will run crawl
Turn back (U-turn 180o) to the right П
1) If a car going too fast, outboard gas
2) Hit the clutch out
3) Raise gas
3) Move the gear into 1st gear
4) Lift the clutch a bit by bit to run the cars crawling (= moving slowly), and stepped on the clutch if you want to reduce road sekuku merayapnya car, see if the path is free if there is a car that wanted by the stampede again sekuku while sticking clutch brake or gas stick ( selected should lay off the gas for a car with a stick if you want the road longer lived gas release and lift the clutch just sekuku). If the line is already freeway, lift the clutch sekuku (car crept forward)
5) Turn the steering wheel 2 x to the right (turn the steering wheel out) (remember do not turn the steering wheel in a state of silent cars / stop, can damage the components of the car later) (see point whether free or not)
- If the line is safe, run / steered the car by lifting the clutch sekuku (the car will creep forward),
reduce the rate of running the car with the clutch sekuku
- If the line is busy stopped a car with a combination of lifting with attached brake clutch sekuku
(Usually if the clutch was appointed sekuku will feel the car vibrate a little)
- If the line is free again ankat sekukumkembali clutch (the car will creep forward again)
6) After the car managed to turn and thats straight, immediately turn the 2x to the left behind the steering wheel while the car crept forward
- If the car is straight, outboard gas (adjust to traffic conditions), lift the clutch slowly, if it is in accordance with road conditions faced remove foot from the clutch pedal car just let the course organized by the gas
(Use gear 1, 2, and 3 only if it was in the city)
Turning off the car engine tiba2
1) Do not panic!
2) Hit the clutch out
3) Remove the clutch perlahan2, feel until the car moves forward slowly
- If the road uphill, help power the car by stepping on the gas a little
- If the car moves sedah ​​stable, lift the foot from the clutch, start the car only with gas only
Loss on the road climbs
1) teeth in the gear position 1 (you should always use 1st gear when a traffic jam)
2) Hit the clutch out
3) Remove the clutch perlahan2, feel until the car moves forward slowly
If the road uphill, help power the car by stepping on the gas a little
If a car stops in front of the ramp, stepped on the clutch out, stepped on the brakes
If the car in front started to move a little in the way of ascent, lift the clutch slowly until the clutch (felt until the car vibrate) (for cars not back down when melapas brakes), new release the brake, gas outboard
If the car in front of the old stop, stepped on the brake, stepped on the clutch, move the teeth to the teeth 0, lift the hand brake, lift the foot from the clutch. If the car in front started to move forward, stepped out the clutch, hit the hand brake, stepped on the brake pedal, put teeth into 1st gear, lift the clutch until the car feels sekuku vibrate slightly (so the car did not back down), gas outboard
Incline without using the brakes
1) teeth in a gear position
2) Hit the clutch
3) Remove the clutch sekuku (the car will move forward slowly, CAR RUNNING)
4) Hit the clutch sekuku offset by stepping on / attached to a little gas (the car will berhent, CAR BERHENTIi)
5) Lift the clutch sekuku (the car will creep forward again, CAR RUNNING)
To run or stop in this position and just use a combination of stepped and lift Koling sekuku
There are people crossing tiba2
1) Raise gas
2) Hit the brakes
3) Hit the clutch out
Loss on flat road
1) teeth in a gear position
2) Hit the clutch out
3) Remove the clutch perlahan2, feel until the car moves forward slowly
If the car in front stopped tiba2, stepped on the brakes or lift the clutch slowly as he stepped on the gas a little sekuku
Combination gas dangan clutch when the car in front stops tiba2 better used, so if the car in front of the forward clutch while staying lift gas outboard. So go ahead and stop of the car is only using a combination of clutch and gas!
If the car in front started to move forward a bit, stepped on the clutch out, and lift the clutch sekuku feel the car started creeping forward
If the car in front started to stop slowly, lift the clutch sekuku, stepped on the gas (feel until you feel the car stop slowly)
If the car in front of the old stop, stepped on the brake, stepped on the clutch, move the teeth to the teeth 0, lift the hand brake, lift the foot from the clutch. If the car in front started to move forward, stepped out the clutch, hit the handbrake, put teeth into 1st gear, lift the clutch until you feel the car forward if need be added by stepping on the gas
Loss on derivative road
1) teeth in the gear position 0
2) Play the brakes just do not need gas because the car will run by itself without the gas
The car was speeding car in front of the road creeping tiba2
1) Hit the brakes gently
2) Hit the clutch out, move into 1st gear
3) Remove the clutch sekuku let the car creep forward
4) if the car in front of him stopped to stay the clutch and lift slightly in combination with the accelerator until the car was stopped slowly, or stepped on the clutch and the outboard brake
Stopping the car in a state tiba2 car is running slowly
1) Hit the clutch out
2) Place feet on brake, feel until the car was stopped by perlahan2 (do not hit the brakes too fast)
3) Move the gear to gear 0
3) Lift the handbrake
Parking in front of the course in Bojongsari on the left path from the direction Parung
1) Hit the clutch out
2) Remove the gas
3) Move the gear into 1st gear
4) Turn the steering wheel to the left out (play 2 x)
5) Lift the clutch sekuku (car moves forward slowly)
6) Set up a car parked with the tires straight ahead, good for quick power stering not worn / damaged
180o turn the car in front of the course car (play against the clock, would mouth and ass left the car in the car at right)
Cars will be parked in front of the car leads to the road
1) Hit the clutch out
2) Turn the steering wheel out to the right
3) Move the gear to gear R
4) Lift the clutch sekuku (car move backwards slowly with the tail car to the right)
5) If the position is quite straight, stepped on the clutch sekuku (to dismiss the car's speed), then look in the mirror room in the back of the car whether or not there is distance between the buttocks with a car behind places smpah)
6) If the secured position, meaning that there is distance between the bottom car with trash, then lift the clutch sekuku (car crept back again)
7) After the car straight and simply create turn the car back, stepped out the clutch, move the gear into 1st gear
8) Turn the steering wheel out to left (2 x round)
9) Lift the clutch sekuku (car started moving forward again creep)
10) If you still can, stepped on the brakes again
11) stepped on the clutch, move the gear into R
12) Lift the clutch sekuku (car crept back)
13) Because there are stairs one level and we'll put the tail car on the stairs, stepped on the gas a bit much
14) After the car can pass through the stairs, stepped on the clutch out
15) stepped on the brakes
16) Straighten the steering wheel or posis position for parking to be straight
Parking garage back on any part of the left road
1) Position rear of the car a little before the stake fence
2) Hit the clutch down, move the gear into R
3) Turn the car back just by moving the clutch a little, how: stepped on the clutch out, clutch lift sekuku, let the car creep resistance, walk all over again sekuku, hold
4) Turn the steering wheel 2 x to the left (turn out)
5) Car straighten (tire alignment) by turning the steering wheel 2 x swivel round to the right
6) the car backward a little longer for cars to be straight
Stopped the car when it backed
1) Raise gas
2) Hit the brakes perlahan2
3) Hit the clutch out
Slow the course of the car when the reverse (car running crawl)
1) The position of the teeth in the R, gas lift, outboard brake
2) Hit the clutch, lift / off brakes
3) Lift the clutch sekuku
Notice! If you have to stop with clutch + gas outboard, so if any of the gas plus the car will not move
Parking advanced
1) Skip the car body
2) Belokin stir
3) Run the car the clutch was appointed pelan2 sekuku pelan2
Reverse / parking to the right
1) Turn the steering wheel out to the right
2) Backward creep
3) Rewind stir
4) Backward straight
Parking back to the right ---->>> Δ
1) Hit the clutch out
2) Move the gear into R
3) Paste brake
4) Backward straight
5) Run back slowly with a pattern: way back slowly - stop - the road - stop-way street: sekuku Hit the clutch, hold, and lift again sekuku clutch, hold
6) The eyes look into the rearview mirror
7) Note: Back off the car should be sought straight line with pavement
If ass car had reached the end of the road or slightly less than the parking lot down the road Hit the clutch then
8) Turn the steering wheel 2 x turns out right
9) Lift the clutch sekuku
10) If the ramp auxiliary power car by stepping on the gas
11) If kira2 cars already come in, straighten the car in a way clutch stampede
12) Rewind 2 x steering wheel to the left
13) Remove the clutch sekuku for cars could fit into the parking lot
If you want to park right on the edge of the car turned a little less ass car from the street (at 1 x lebihkurang human body)
If you want to park a bit to the middle (if somewhat large parking lot) then steered the car start right at the end of the road that bends
14) Hit the clutch
15) Paste brake
16) Move the gear to gear 0
17) Lift the handbrake
18) Remove the leg from the clutch and brake pedal
19) Turn off the AC, sealt belt off, turn off the car, take the key and save it, gembog steering wheel, open the door
If we miscalculate when it turned the car back, then
1) Hit the clutch
2) Move the gear into 1st gear
3) Promote a little car, if kira2 is straight (control by regulating the tires straight Agr way behind the steering wheel swivel)
4) Turn the car back to the way Hit the clutch, move the gear R, lift the clutch sekuku stand, lift again sekuku resistant, stampede sekukuku Taha, and so on until the car's position benar2 in.
Do not forget to see the condition of the road lane to the right and left and back through the rearview mirror
Attention:
1) Stir not be played in a state of quiet car because it can damage the tire and axle tire
2) If the road uphill and a long traffic jam on the ramp then use the hand brake should not always rely on the clutch because if you can not damage the mechanical clutch
3) Brakes diteka foot should not be kept but must be with the pattern of lift, stampede, lift, walk on (such as derivatives) because they can cause burning brakes
4) Use a tooth is always 1 if the path berlubang2
5) For travel within the bustling city it is recommended to always use the gear 1 and 2 only
6) Master the emotion when running slow after running fast
7) Teeth 1, 2, 3 to go slow and ramp
8) 4.5 is not strong teeth if used for road climbs
9) To avoid dead engine tiba2 appoint pelan2 clutch and do not flinch at the same time
10) coupling is useful for the ramp, traffic, turn, start early runs, backward, turn / rotate the car, and parking
11) Dental 3 for a large highway
12) Dental highway 2 for small / narrow
TIPS:
1) The car that must not hit the water when washing mohbil: a spark plug, and place of injection
2) Machines should be cleaned with kerosene do with water, because the fast machine rusty if it hit the water
3) If changing the oil cleaned up as well ask: spark plugs, air filters have sprayed because the dirty air rivals affect the fuel consumption
4) Up to 50,000 km road the new car is still safe because the service is still borne by dealers
5) If the steering ngebuang it must be in balanching and in spooring
6) Once a week should replace the battery water
7) Tun-up not too often
8) fuel filter cleaned by blowing quickly so as not dirty
9) Gasoline should not be allowed to run out because the dirt can ride
10) Washing the car but do not wear Rinso use car shampoo
11) After 75 000 km road tires generally be replaced
12) Do not get too much playing half-clutch if the hand brake wear red lights just because it can make a hot engine!
For thin clutch can make the canvas so that the car will feel less power despite the fact that baik2 machine only.
Output will be wasted sia2 engine because one of distributors is not functioning properly.
If thinning on canvas clutch is very severe then the car could not drive at all.
Coupling function is forward power from the engine to the gearbox (tansmisi)
The clutch half is necessary as a counterweight for the machine did not die when car is braking or when I first drove the vehicle. But, should not be too long and not too often. One more, once completed gearshift, directly off the clutch pedal.
Which are difficult to avoid is when a traffic jam. Most riders prefer a clutch pedal and a half than the other way. One way that we recommend is moving slowly in first gear. And even if forced to quit because of queuing cars, better position the neutral as well and stepped on the brakes. Thus, the clutch pedal can be released.
When the clutch stepped on, the link between engine and transmission will be interrupted so that the practical output of the machine is not up to the drive wheels. Digeber-Geber any vehicle speed will not change. Wheel rate will be affected once the clutch is released. Therefore, when the clutch pedal is released, pressure plate (the sun) will hit the canvas so that power from the engine (through the fly wheel) to move into high gear.
When the clutch is pressed half, then the power from the engine through the fly wheel is transmitted to the gearbox was only half. The position of the canvas is also a half link. The position is what makes the occurrence of friction between the canvas clutch - fly wheel - the sun. Friction-friction, which will accelerate the thin canvas clutch
13) Get used to using PRIMA brand oil (buy at Pertamina)
14) The car in the ordinary course wear brand ADNOC oil (green) because the car is used continuously
15) Heat the car every day for 10 minutes
16) Brand dihapalin car paint, ask for examples of paint to a dealer or ask to taste
17) When the car Margaret slightly, remove with a taxable autan in place and wash with shampoo
18) If the glass should be wiped dry
19) air filter and spark plugs just do not store the original ex dumped
20) Wear a lap CANEBO car brand, is a full lap is made of rubber, it will feel stretchy jiak withdrawn
21) Price USD kira2 steering lock. 50.000, -

Tidak ada komentar:

Posting Komentar